Menonaktifkan google play protect








Jontaku - Jakwir-jakwir apakah kalian tahu apa itu Google Play Protect? Dan apakah kalian tahu bagaimana cara mengaktifkan dan mematikan Google Play Protect tersebut? Kalau belum tahu maka pas banget nih, soalnya kali ini nyong bakalan memberi tahu, mengasih tahu, dan membuat tempe, anjir nyong asline nulis apa donge??? Intinya kali ini nyong bakalan nulis tentang cara mengaktifkan dan mematikan Google Play Protect.

Pengertian Google Play Protect



Google Play Protect adalah suatu aplikasi yang dibuat dan dirancang untuk melindungi pengguna Android dari aplikasi yang berisi program berbahaya, agar smartphone tetap aman dari aplikasi-aplikasi berbahaya yang tidak jelas.

Google Play Protect dapat membantu smartphone kalian tetap aman dengan cara memeriksa keamanan aplikasi yang kalian unduh, jika aplikasi tersebut berbahaya, maka fitur ini dapat memperingatkan kalian atau bahkan menghapusnya secara otomatis.
Selain itu, Google Play Protect juga akan mengirimkan sebuah pemeberitahuan jika kalian menginstal aplikasi yang melanggar kebijakan, termasuk aplikasi yang mengakses informasi pribadi kalian.

Walaupun Google Play Protect ini sangat membantu agar terhindar dari aplikasi yang berbahaya, namun ternyata banyak juga pengguna yang lebih memilih untuk mematikan fitur ini. Alasannya sih karena jika mereka menginstall aplikasi dari pihak ketiga atau diluar Google Play Store biasanya akan dianggap sebagai aplikasi yang berbahaya.

Perlu kalian ketahui Google Play Protect secara default sudah aktif pada smartphone aktif kalian, bila kalian tidak pernah menonaktifkannya kemungkinan fitur ini sudah aktif. Namun bila kalian pernah menonaktifkan Google Play Protect dan ingin mengaktifkannya kembali tentu kalian harus mengaturnya secara manual, dan berikut caranya.

Cara Mengaktifkan Google Play Protect



Buka Google Play Store.
Ketuk ikon Menu di sisi kiri atas layar.
Ketuk menu Play Protect.
Ketuk Aktifkan .

Setelah melakukan langkah tersebut maka Google Play Protect akan aktif dan secara otomatis memindai aplikasi yang terpasang di smartphone kalian.

Namun buat kalian yang ingin mematikan Google Play Protect karena sering menginstall aplikasi dari pihak ketiga, begini caranya.

Cara Mematikan Google Play Protect




  1. Buka Google Play Store.
  2. Ketuk ikon Menu di sisi kiri atas layar.
  3. Ketuk menu Play Protect.
  4. Ketuk ikon Setelan di sisi kanan atas layar.
  5. Kemudian nonaktifkan “ Memindai aplikasi dengan Play Protect ” dan “ Tingkatkan deteksi aplikasi berbahaya “.


Setelah melakukan langkah-langkah diatas maka Goole Play Protect sudah berhasil dinonaktifkan dan kalian pun bisa menginstal aplikasi di luar Google Play Store dengan nyaman. Sarane nyongsih kalian gak harus menonaktifkan Google Play Protect ini, kecuali jika kalian yakin aplikasi yang kalian install dari pihak ketiga itu memang benar-benar aman dan tidak mengandung program berbahaya.

Itulah cara mengaktifkan dan mematikan Google Play Protect, semoga tulisane nyong kiye bisa bermanfaat kanggo jakwir-jakwir kabeh.